Niat Sholat Sunah Tarawih dan Witir Beserta Do'anya

 

Bulan Ramadhan sudah tiba, Alhamdulillah kita bisa bertemu dengan bulan paling mulia. Nah, diantara sekian ibadah yang bisa kita amalkan di sepanjang Bulan Ramadhan, ada satu ibadah khusus yang ada hanya pada bulan tersebut. Apa itu? Tak lain yaitu ibadah Sholat Tarawih.

Sholat Tarawih dilakukan setelah selesai melaksanakan Sholat Isya'. Di Indonesia, sholat sunnah ini umumnya dilakukan berjama'ah di masjid atau musholla terdekat. Namun, ada juga yang melaksanakannya di rumah masing-masing. Setelah usai melaksanakan Sholat Tarawih, lalu langsung dilanjutkan melaksanakan Sholat Witir.

Sholat Tarawih biasanya dilakukan dengan dua rakaat setiap kali salam. Adapun jumlah total rakaatnya, ada perbedaan. Ada yang melaksanakannya sebanyak 20 rakaat, ada juga yang melaksanakannya sebanyak 8 rakaat. Namun, untuk sholat Witir pada umumnya dilaksanakan sebanyak 3 rakaat, dibagi 2 rakaat dan 1 rakaat.

Bacaan Sholat Tarawih maupun Sholat Witir pada dasarnya sama saja dengan bacaan sholat lima waktu. Hanya saja, bacaan niat dan doanya ada tersendiri. 

Berikut ini bacaan niat Sholat Tarawih :
أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى
Ushollii sunnatattaraawihi rak'ataini mustaqbilalqiblati makmuuman lillaahi ta'aala

Artinya : "Saya niat sholat tarawih dua rokaat dengan menghadap qiblat menjadi mamum karena Allah ta'ala."

Bacaan niat Sholat Witir dua rakaat :
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى
Usholli sunnatal witri rak'ataini mustaqbilalqiblati makmuuman lillaahi ta'aala 

Artinya : "Saya niat sholat witir dua rokaat dengan menghadap qiblat menjadi mamum karena Allah ta'ala."

Bacaan niat Sholat Witir satu rakaat :
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى
Usholli sunnatal witri rak'atan mustaqbilalqiblati makmuuman lillaahi ta'aala 

Artinya : "Saya niat sholat witir satu rokaat dengan menghadap qiblat menjadi mamum karena Allah ta'ala."


Do’a Tarawih
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا بِالاِيْمَانِ كَامِلَيْنِ وَلِلفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالهُدَى مُتَمَسِكِيْنَ. وَعَنِ اللَّغْوِمُعَرِضِيْنَ. وَفِى الدُّيْنَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى الآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبِالقَضَاءِ رَاضِينَ. وَلِنَعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ وَعَلَى البَلاَءِ الصَّابِرِيْنَ وَتَحْتَ لِوَآءِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ القِيَامَةِ سَائِرِيْنَ، وَاِلَى حَوْضِ وَارِدِيْنَ وَاِلَى الجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلَى السَّرِيْرِ الكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍ عَيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ وَمِنْ سُنْدُوْسٍ وَاسْتَبْرَاقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ وَمِنْ طَعَامِ الجَنَّةِ ءَاكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفَّى شَارِبِيْنَ. بِاَكْوَابٍ وَّاَبَا رِيقَى وَكَأْسٍ مِنْ مَعِيْنَ. مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصَّدِيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّلِحِيْنَ وَحَسُنَ اُوْلَئِكَ رَفِيْقًا. ذَلِكَ الفَضْلُ مِنَ اللهُ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِى لَيْلَةِ هَذَا الشَهْرِ الشَّرِيْفَةِ المُبَارَكَةِ مِنَ السُعَدَاءِ المَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ الاَشْقِيَاءِ المَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلىَّ اللهُ عَلَى سَيْدِنَا مُحَمَّدٍ وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالحَمْدُ ِللهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Do’a Shalat Witir
سُبُّوْحٌ قُدُّوسٌ رَبَّنَا وَرَبُّ المَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ. سُبْحَانَ اللهُ وَالحَمْدُ ِللهِ وَلاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ اَكْبَرْ. وَلاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Selamat menunaikan ibadah puasa, Sholat Tarawih, Sholat Witir dan ibadah yang lainnya di Bulan Ramadhan yang suci ini.
Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT, Amin Amin Amin Ya Robbal 'Alamiin.

0 Response to "Niat Sholat Sunah Tarawih dan Witir Beserta Do'anya"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan :)