Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri / Idul Adha

Assalamu'alaikum wr. wb.
Bacaan Takbir Hari Raya - Hari Raya atau Lebaran itu ada dua didalam Agama Islam yaitu Hari Raya Idul Fitri (Pada 1 Syawal) dan Hari Raya Idul Adha (Pada 10 Dzulhijjah). Ketika sudah masuk waktu kedalam kedua hari raya tersebut di-sunnah-muakkad-kan bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia baik pria, wanita, susafir, anak-anak, remaja dan mukim untuk mengerjakan Shalat Hari Raya atau Shalat Ied.
Tetapi sebelum mengerjakan kedua Shalat Ied ini, di-sunnah-kan bagi setiap Muslim untuk membaca bacaan Takbir dimalam harinya baik Takbir Idul Fitri maupun Takbir Idul Adha, hal tersebut seperti sabda baginda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: "Hiasilah Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) kalian dengan memperbanyak membaca takbir" dan seperti pada Kitab Fathul Qarib yang berbunyi: "Di-sunnah-kan membaca Takbir bagi pria dan wanita, di rumah maupun di perjalanan, dimana saja, di jalanan, di masjid dan juga di pasar-pasar mulai dari terbenamnya Matahari malam Idul Fitri hingga Imam melakukan Shalat Ied (Kitab Fathul Qarib)".
Adapun Hukum membaca Takbir Hari Raya adalah Sunah dan Manfaat Takbir Hari Raya ialah untuk melebur atau menghapus dosa-dosa kita. Keutamaan bacaan Takbir Hari Raya tersebut seperti dituangkan didalam Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: :Perbanyaklah membaca Takbiran pada malam Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) karena hal itu dapat melebur dosa-dosa".

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri Dan Takbir Idul Adha
Kami ingatkan kepada anda bahwa Bacaan Takbir Idul Fitri dan Bacaan Takbir Idul Adha itu sama bacaan takbiran-nya sehingga tidak perlu bingung untuk membedakan bacaan takbir kedua hari raya ini dan untuk Bacaan Takbir Hari Raya sudah kami rangkum dibawah ini lengkap dengan Terjemahan dan Artinya sehingga kita bisa dengan mudah untuk menghafalkannya.

Ini bacaan takbir singkat pada umumnya :
اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ
Dan ini bacaan takbir lengkapnya :
اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَّاَصِيْلاً. لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَلاَنَعْبُدُ اِلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ، وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ، لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَاَعَزَّجُنْدَهُ وَهَزَمَ اْلاَحْزَابَ وَحْدَهُ، لآَاِلهَ اَلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ

Jika kurang jelas bisa lihat disini :

ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLAALLAAHU WALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR WALILLAAHIL HAMD.

ALLAAHU AKBAR KABIIRAA, WALHAMDU LILLAAHI KATSIIRAA, WA SUBHAANALLAAHI BUKRATAW WA ASHIILAA, LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALAA NA'BUDU ILLAA IYYAAHU, MUKHLISHIINA LAHUDDIINA WALAU KARIHAL KAAFIRUUN, LAA ILAAHA ILALLAAHU WAHDAH, SHADAQAWA'DAH, WANASHARA 'ABDAH, WA A-'AZZA JUNDAHU WAHAZAMAL AHZAABA WAHDAH, LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBARU WALILLAAHIL HAMD.
Artinya :
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada Tuhan kecuali Alah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan bagi-Nya segala puja dan puji.
Allah Maha Besar dan pujian bagi Allah sebanyak-banyaknya, bertasbih kepada Allah setiap pagi dan petang. Tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya dengan ikhlas menjalankan agama walaupun orang-orang kafir membenci. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata. Benar janji-Nya, dan menolong hamba-Nya, juga laskar-Nya dan menghancurkan musuh-Nya dengan dirinya semata. Tiada Tuhan kecuali Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan segala puji hanya bagi Allah.
Sedangkan untuk Waktu Bacaan Takbir Hari Raya ini di mulai sebagai berikut:
- Untuk bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dimulai dari terbenamnya matahari hingga Imam berdiri untuk mengerjakan Shalat Hari Raya Idul Fitri, dan
- Untuk bacaan Takbir Hari Raya Idul Adha sendiri dimulai dari Subuh pada hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah (Ingat Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah) dan pada tiap-tiap Shalat wajib (5 waktu) di Hari Tasyrik (Hari Tasyrik ialah tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah).
Itulah penjelasan yg bisa kami sampaikan kepada anda sekalian tentang Bacaan Takbiran Hari Raya dan perlu kami beritahukan kepada anda semuanya bahwa pada Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) setiap umat Muslim baik pria, wanita, anak-anak besar ataupun kecil, tua ataupun muda untuk meramaikannya. Bahkan wanita haid pun dianjurkan untuk keluar ke lapangan maupun depan rumah untuk ikut meramaikannya sekalipun mereka tidak bisa Shalat.
Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr. wb.

Dari sumber ini dengan beberapa perubahan & penambahan.